Rabu, 09 September 2015

Pengalaman Menggunakan Lensa Nikon 75-300mm f / 4.5-5.6 AF NIKKOR (1989-1998)

Pengalaman Menggunakan Lensa Nikon 75-300mm f / 4.5-5.6  AF NIKKOR

Kesan pertama menggunakan lensa ini adalah terasa kokoh berkat bodynya yang dari logam. Maklum saya biasa pakek yang dari plastik hehe.

Berikut penampakannya (maaf ya cuma menggunakan kamera hp hehe)











Spesifikasi Singkat :
  • Lensa ini memiliki tiga belas elemen dalam sebelas kelompok
  • Jarak foto minimal ke Objek 1,5 meter
  • Memakai filter ukuran 62mm
  • Jenis lensa push pull
  • Mempunyai tripod coolar
  • Tidak memiliki motor fokus pada lensa
KINERJA :
Distorsi
Distorsi adalah yang terendah yang pernah saya coba pada lensa zoom, dan karena itu luar biasa untuk 4x zoom. Ketimbang 70-300 dengan distorsi yang sangat terlihat


Ketajaman
Cukup tajam di seluruh fokal zoom
Hal ini sangat lembut di 300mm, dan jauh lebih lembut pada 5 kaki di f / 5.6 di 300mm.Ini jauh lebih baik di 300mm f / 8. Pada jarak jauh setajam lensa Nikkor 300mm lainnya.
Ini bagus dan tidak ada keluhan


1/100. iso 400. f/5.3 175mm (flash internal)

1/500. iso 200. f/11

Dan berikut hasil crop




Flare

Sangat jarang terlihat flare pada hasil foto dan hampir tidak pernah, meskipun saya langsung mengambil gambar langsung ke matahari. Saya sendiri sangat suka menggunakan lensa ini untuk memotret sunset dan foto bulan (kalo buat foto bulan harus di crop hehe)








Konstruksi

Saya suka dengan body nya yang terbuat dari logam dan berkesan mantap dipegangan hehe. Berbeda jauh dengan lensa tele 70-300 lainnya yang memakai bahan plastik dan terlihat ringkih.

Autofocus
Meskipun saya sandingkan pada gear Nikon D7100 sayangnya untuk autofokus saya rasa lensa ini tergolong lambat jika dibandingkan dengan lensa 70-300 yang keluaran terbaru saat ini. Saya bandingkan dengan 80-200 f2.8 gen 2 yang saya rasa sudah lambat tapi lensa ini lebih lambat lagi (maklum lensa murah hehe tapi hasil tidak murahan). bokeh yang dihasilkan juga menurut saya cukup lembut bulat-bulat hehe. 

Berikut hasil foto lainnya










Kesimpulan : Hasil yang lumayan untuk lensa tele yang murah meriah dan adanya tripod coolar pada badan lensa.

Minus : Tidak adanya motor fokus pada lensa dan absennya fitur VR peredam getar yang sangat disayangkan hehe

Tergantung anda yang bisa menyimpulkan disini dan maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan hehe :)

Post selanjutnya :

  • Sigma 10-20mm f4.5 EX DC HASM (NIKON)
  • Filter ND HAIDA 1.8

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda