Minggu, 24 Mei 2015

PRINTER EPSON L210 BERGARIS




Pada kasus kali ini terjadi pada printer saya sendiri yaitu Epson L210 yang sudah berumur kurang lebih 2 tahunan yakni bergaris ketika dipakai untuk mencetak foto maupun tulisan. Biasanya hal pertama yang saya lakukan adalah "Head Cleaning" karena dengan sekali head clean printer saya kembali normal tapi untuk kali ini tetap tidak bisa. saya lakukan prosesnya berkali-kali namun tetap tidak bisa. Saya cek tinta semuanya masih sisa separuh dan saya pikir tidak mungkin tintanya yang habis. Akhirnya saya rubah pengaturannya menggunakan "High Quality" dan ternyata berhasil namun saya berpikir kalau setiap mau ngprint saya gunakan high quality maka tinta akan cepat habis sedangkan harga tinta Printer Epson untuk yang seri L yaitu 110rb/warna (botol) sekali isi.



Kemudian saya putuskan untuk membawa ke tukang service printer dan orang service nya bilang harus ganti "Cartridge". Saya putuskan untuk bawa pulang lagi printer saya dengan alasan belum ada dana buat ganti cartridge. Setiba dikos saya melakukan uji coba sendiri dengan pasrah hhe


  1. Proses Head Cleaning saya lakukan sampai 5x dengan catatan mencetak menggunakan pengaturan "High Quality" bisa. Atau jangan terlalu memaksakan proses "Head Cleaning" bagi printer anda karna proses tersebut berarti memaksakan tinta keluar, lah terus bagaimana seandainya tinta macet? Gunakan cairan pembersih tinta yang biasa dijual ditoko percetakan, biasanya harga perbotol 25rb. Kalau proses head clean dipaksakan maka bisa jadi cartritge printer anda rusak dan harus ganti baru.
  2. Tahapan kedua saya lakukan proses "Power Ink Flushing" cukup 1x
  3. Terakhir "Nozzle Check"
  4. Diamkan 30menit kemudian matikan printer
  5. Setelah dimatikan nyalakan lagi
Setelah proses diatas saya lakukan maka muncul masalah baru yaitu lampu indikator tinta nyala berkedip, saya pikir tintanya habis kemudian saya isi dengan tinta hitam karena masih punya sisa waktu beli dulu tapi tetap lampu indikator tinta berkedip. Akhirnya saya reset menggunakan software "EPSON Adjustment Program" tetap saya berkedip. Akhirnya saya lakukan tahapan ini :
  1. Tahan tombol "resume" sekitar 5 detik dan lepas
  2. Tahan tombol "resume" selama 3 detik dan lepas
  3. Tahan tombol "resume" sekitar 1 detik kemudian lepas
Akhirnya lampu indikator mati kemudian saya coba untuk mencetak dan alhamdulillah printer sudah kembali ke jalan yang benar meskipun menggunakan pengaturan "Fast" maupun "Standard Quality".

KESIMPULAN : Bisa jadi tinta printer macet karna jarang digunakan atau kurangnya tinta

Macam-macam kerusakan pada printer :
  1. Aliran tinta tidak lancar : Hal ini bisa disebabkan oleh system infus yang mengalami kebocoran atau kebuntuan
  2. Head catridge tersumbat : Tersumbatnya head cartridge ini bisa disebabkan oleh tinta yang kotor tercampur debu atau bisa juga karena tinta yang menggumpal. Cara mengatasinya yaitu dengan menggunakan alat penyedot cartridge atau cairan pembersih
  3. Head Catridge sudah lemah : Cirinya yaitu, jika ujung head di tempel dengan tissu, semua warna tinta keluar normal, akan tetapi jika dipakai untuk print, hasil print nya bergaris. Ini menandakan Head Catridge sudah lemah. Solusi sementara adalah mengubah settingan print menjadi kualitas High atau Foto. Saran saya catridge harus segera diganti, agar kerusakan tidak merembet ke board
  4. Tinta tidak keluar sama sekali (cuma keluar kertas putih tanpa mencetak) : Biasanya disebabkan cartridge bocor. Sebaiknya ganti cartridge


5 komentar:

Silahkan berikan komentar anda