Jumat, 05 Juni 2015

KOMPUTER TIDAK MAU MASUK KE WINDOWS




Pada kasus kali ini saya akan menangani kasus komputer yang tidak mau masuk ke windows dan ketika mau masuk ke windows terjadi hal seperti ini :

1. Pada saat masuk ke windows, pada tulisan windows macet/hang

2. Pada saat masuk ke windows, komputer akan blue screen

3. Pada saat masuk ke windows, tampilan layar akan bergoyang sambil keluar bayangan biru            kemudian komputer ngrestart

Pada awalnya saya kira windowsnya yang bermasalah tapi ketika saya menggunakan hiren sebagai OS penggantinya tetap tidak bisa. Pakai Hiren juga macet. Saya reset BIOS, ganti batre CMOS tetap hasilnya sama saja. Akhirnya saya bongkar komputernya dan melepas semua hardware yang ada dan saya lakukan pengecekan tegangan yang masuk ke motherboard dari power supply semua normal gada masalah. Berikut spesifikasi komputer yang bermasalah tersebut :

  1. Prosesor AMD SEMPRON am2
  2. Mobo Albatron vga onboard
  3. Ram 1gb ddr2
  4. PSU 450 power x
  5. HDD 80gb ide
Setelah dilakukan pengecekan akhirnya kerusakan terjadi pada chipset VGA yang di motherboard dan saya lakukan penanganan pertama yaitu "reflow"


Setelah dilakukan proses reflow sempat nyala normal tapi selang 3jam kumat lagi dan akhirnya saya suruh ganti mobonya aja karena kalau reball jelas lebih mahal ongkos reball daripada beli mobo bekas hehe. 
Setelah ganti motherboad langsung JREEENG BERHASIL hehe.
Kasus ini berbeda dengan Laptop/Netbook yang tidak bisa masuk ke windows juga. Nanti saya bahas yang mengenai Laptop pada edisi selanjutnya karena kebetulan saya pernah memperbaiki laptop yang tidak bisa masuk ke windows hehe

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda