Selasa, 30 Juni 2015

Cara Menggunakan Kembali Silika Gell Yang Sudah Berubah Warna

yang ini gambar ngambil di mbah google hehe

Bagi kalangan fotografer semua sudah tau apa itu fungsi silika gell ini yaitu menyerap lembab atau kadar air dan gunanya bagi peralatan kamera supaya tidak jamuran (intinya). Karena sering kita gunakan di dalam dry box atau toples kedap udara maka lambat laun silika gell yang berwarna biru/ungu akan berubah warna menjadi merah muda dan lama kelamaan menjadi putih bening menandakan sudah tidak layak pakai atau banyak mengandung air. Bagi anda yang ingin berhemat dengan cara mendaur ulang silika gell yang sudah berwarna putih bening tersebut saya akan membagi tips seperti berikut :

PERALATAN :


  1. Kompor
  2. Wajan
  3. Sendok Wajan (lupa namanya)
Panaskan wajan diatas kompor dan jika dirasa wajan sudah cukup panas tuangkan silika gell tersebut untuk di sangrai (proses sangrai sama seperti menyangrai biji kopi di pedesaan). Jangan menggunakan minyak kelapa karena silika gell nya tidak akan kita goreng (nanti malah jadi kerupuk silika gell hehe). Untuk lamanya proses menyangrai dikira-kira saja sambai silika gell nya berwarna biru tua/ungu. Setelah itu dinginkan sampai dingin dan siap digunakan kembali. Bagi anak kos (seperti saya) biasanya kompor atau wajan susah di dapat (bagi anak kos cowok) maka saya menggunakan magicom (alat pemasak nasi) sebagai alat sangrai.
Tancapkan magicom ke listrik dan pilih cooking pada tombol magicom dan tunggu sampai panas. Setelah panas tuangkan silika gell ke dalam magicom (caranya sama dengan menanak nasi tapi disini tanpa menggunakan air) dan diaduk-aduk sampai panasnya rata. Dalam waktu kurang lebih 10menit maka silica gell yang tadi akan berubah warna menjadi biru tua dan tombol otomatis magicom akan berganti ke modus "warm" bukan "cooking" lagi. Cabut colokan listrik dan tutup magicom, biarkan sampai dingin sendiri. Setelah itu silika gell siap digunakan kembali. Berikut bukti foto saya sangrai menggunakan magicom hehe

saat proses

sudah mulai berubah warna

proses selesai

siap digunakan kembali

Saya pribadi lebih suka silika gell yang seperti ini daripada yang elektrik (bisa di cas) karena selain harganya lebih murah jelas bisa di daur ulang meskipun agak ribet hehe. Saya menggunakan keduanya karena jika yang elektrik saya cas maka yang silika gell biasa saya gunakan di dry box. Cerita sedikit hehe.. saya pernah punya kamera nikon d5100 dan lensa tamron 17-50mm f2.8 semuanya jamuran gara-gara saya gunakan silika gell yang dapet dari sepatu dan menggunakan wadah kedap udara toples tup**rw**r dan akhirnya saya jual muraah hehe. Setelah itu saya kapok menggunakan toples dan beralih ke dry box ditambah silika gell serta sudah ada hygrometer nya. Kapan-kapan saya bahas tentang dry box nya. Selamat mencoba di rumah dan salam jepret...

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda