Selasa, 26 Mei 2015

Cara Mengakali Hardisk Bad Sector

Perlu kita ketahui bahwa hardisk "Bad Sector" bermacam-macam jenis kerusakannya, ada yang lemot jika dijadikan system (C), lemot buat copy data, lemot jika di klik partisi hardisknya maupun tidak terdeteksi sama sekali di PC kita. Sebaiknya segera ganti dengan hardisk yang baru beli ditoko, kalau dana terbatas bisa beli hardisk bekas yang masih sehat :)




Pada kesempatan kali ini saya cuma memberi tips kalo misalnya masih ingin digunakan dan tidak MENYARANKAN untuk dipakai dalam jangka waktu yang lama serta dipakai untuk menyimpan data-data yang menurut anda PENTING karena hardisk bad sector susah ditebak (pengalaman pribadi). Disini saya mendapatkan hardisk bad sector dari teman saya WDC 2TB GREEn dan sudah saya gunakan HDD regenerator dan alhamdulillah sudah bisa saya gunakan. Dan berikut yang perlu diperhatikan ketika hendak menggunakan hardisk bad sector :

  1. Jangan dijadikan System (C)
  2. Pastikan letak Bad Sectornya berada di awal, tengah atau belakang. dengan menggunakan software HDD regenerator ataupun HD Tune Pro
  3. Yang pasti data sudah di BackUP
Dan pada kali ini hardisk yang saya gunakan mempunyai bad sector pada bagian belakang. Jika menggunakan Low Level Format mentok-mentok cuma sampai 85% kemudian macet. Dari sini ketahuan bahwa hardisk saya bad sectornya berada pada bagian belakang dan sekitar 15% yang rusak sedangkan 85% nya sehat. Maka sisanya yang 15% bisa kita buang atau buat cari amannya buang 20% saja dengan cara partisi ulang dan biarkan sisanya tidak terpakai. Seperti gambar dibawah ini


Pada kolom lingkaran merah terdapat tulisan "sisa" yang menandakan sisa hardisk yang tidak terpakai dimana itu sengaja saya buang karena "kemungkinan" letak bad sectornya berada pada bagian belakang. Selamat mencoba...

PENTING : Saya tidak menyarankan menggunakan hardisk yang sudah Bad Sector karena hardisk tersebut sudah RUSAK dan saya disini cuma berbagi tips dan hardisk tersebut cuma saya gunakan untuk penampung data sementara pada PC saya.

Maaf kalo ada kata-kata yang kurang berkenan dan silahkan kalo para master mau menambahkan ide ataupun kritik pada halaman saya ini hhe

1 komentar:

Silahkan berikan komentar anda