Kamis, 23 April 2015

KOMPUTER MUNCUL TULISAN "FAN NO PRESENT"

Pada kasus kali ini saya menangani komputer yang menarik sekaligus sedikit membuat saya kebingungan.

Cerita sedikit hhee...

Siang itu ada teman bbm saya katanya komputer temannya tidak bisa masuk ke windows tapi ke BIOS normal dan cuma muncul tulisan "fan no present" lalu saya suruh temannya untuk mengantarkan komputernya ke kos saya. Setibanya dikos saya coba ternyata benar komputer tersebut cuma muncul tulisan "fan no present" padahal kipas prosesor nyala normal. Saya tanya ke yang punya komputer apa sudah dibawa ke tukang service lalu dia jawab "sudah" trus saya tanya lagi, "orang service bilang apanya yang rusak mas? trus dia jawab "katanya motherboardnya yang rusak mas, padahal orang service nya sudah ganti kipas prosesornya sama yang baru". Waduuh,, saya pikir kalo motherboardnya yang rusak komputer sudah tidak mau tampil gambar ke monitor. Akhirnya saya lakukan tindakan :

1. Saya ganti colokan fan ke colokan yang lain di motherboard tapi hasilnya nihil

2. Saya ngambil daya fan langsung ke power supply tp hasilnya nihil

3. Akhirnya saya bongkar semua isi yang ada didalam kesing komputer

4. Karna menggunakan 2 keping ram saya coba gonta ganti slotnya dan ramnya tp nihil

Saya sudah hampir putus asa karena dari sore saya kerjakan sampai jam 8 malem gada hasil akhirnya saya iseng-iseng pasang kipas kesing komputer saya yang ukurannya 12cm yang 3pin ke socket fan yang ada di motherboard dan ternyata komputer bisa hidup normal hhe. Saya coba lepas kipas saya dan muncul lagi tulisan "fan no present", saya tancepin lagi eh normal lagi hhe. Saya juga sedikit bingung dengan kasus ini karena cuma dengan cara menambah kipas, komputer tersebut bisa normal meskipun fan prosesor nyala normal. dan sampai sekarang komputer tersebut nyala normal lalu saya baru membuat artikel ini hhe

KESIMPULAN : Ternyata komputer tersebut minta tambahan kipas meskipun kipas utama prosesor nyala normal dan maaf bahasa saya kocar kacir hhe.
Dan maaf juga saya tidak menampilkan gambar karna gak sempat fotoin

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda