Minggu, 19 April 2015

CARA MENANGANI LAPTOP NO DISPLAY

Langsung kita mulai. Pada kasus ini terjadi pada laptop ACER ASPIRE 4535 yang menggunakan prosesor AMD dan mempunyai dua VGA card (bahasa saya sendiri hhe) yang dimana mesin laptop ini nyala normal tapi tidak menampilkan gambar pada layar. Penanganan pertama kali yang perlu dilakukan adalah mencoba menggunakan layar eksternal dengan memakai monitor pc. Kalo tetap tidak bisa mari kita selesaikan hhe..

1. Ganti ram/sodim laptop anda. kalo masih belum bisa

2. Lepaskan semua komponen yang terdapat pada laptop anda dengan cuma menyisakan LCD (monitor), ram, prosesor beserta kipasnya dan tentunya adaptor cas. Hal ini dilakukan untuk mengetahui hardware mana saja yang error.


kalo masih belum bisa

3. Periksa semua tegangan yang ada pada kapasitor, vcore, bios motherboard menggunakan multitester dan jangan lupa periksa juga tegangan adaptor laptop anda apakah 19volt. Jika normal semua ada kemungkinan pada chipset vga bermasalah dan mari kita kerjakan.

Untuk alat2 yang perlu disiapkan diantaranya :

1. Kita bisa menggunakan Mesin BGA (agar kerja dan panas maksimal) atau blower uap yang panasnya maksimal (panas dan anginnya tidak naik turun)
2. Siapkan flux (sebaiknya gunakan flux yang ori agar pencairan timah maksimal dan lebih cepat. Flux yang saya gunakan seperti ini


3. Untuk yang menggunakan blower uap sebaiknya gunakan mata blower seperti ini 







4. Sebelum melakukan pemanasan sebaiknya melepas semua komponen seperti ram, prosesor beserta kipas, batre bios dan semua yang berbahan mudah terbakar seperti solasi, double tip, karet dan plastik2 yang menempel pada motherboard untuk dilepas semuanya.

5. Lakukan pemanasan untuk membuang lem yang menempel pada chipset vga biasanya berwarna putih transparan, hitam, merah dll. Untuk memudahkan membuang lem beri fluk sedikit saja. Ingat jangan terlalu memaksakan untuk membuang lem dikarenakan pada sebagian motherbord mempunyai pcb yang jelek dan gampang ngelupas.

6. Setelah lem dibersihkan berikan flux cukup pada area 2 sisi saja (semua sisi juga boleh)

7. Dikarenakan pada laptop yang saya kerjakan ini mempunyai dua chipset vga maka dilakukan pemanasan atau reflow pada vga inti dulu 


8. Ingat!! pemanasan sebaiknya dilakukan secara bertahap dimulai dengan panas yang paling rendah dulu dari 150 derajat celcius sampai 260 (dikira2 saja) paling tidak berselang 2 menit (agar pemanasan maksimal). Dan ditunggu sampai keluar gelembung dari sela2 vga dan cairan menjadi bening dan dirasa sudah cukup sebaiknya hentikan. Kalo keluar bunyi "tak" seperti suara retak pada chipset vga sebaiknya dihentikan supaya tidak terjadi "popcorn" hhe.

9. Tunggu sampai motherboar dirasa cukup dingin. Ternyata laptop yang saya service masih belum tampil gambar dan saya lakukan pemanasan pada chipset vga yang kedua.

10. Dan alhamdulillah ini hasilnya jreng jreeng...


11. Bagi yang reflow belum menampilkan gambar bisa dilakukan proses reball dan kalo masih belum bisa sebaiknya ganti chipset vga anda dengan yang baru hehehe

Boleh dicoba sendiri dirumah dan kalo takut kenapa2 sebaiknya dibawa ke tukang service laptop.
Maaf bahasanya blepotan dan maaf juga untuk para teknisi lainnya hehehehe


0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda